Martin Cooper Penemu Telepon Genggam

Handphone Atau Telepon Genggam Yang Saat Ini Beraneka Ragam Merek Dan Kegunaannya Ini Adalah Suatu Karya Hebat Sang Maestro Martin Cooper Penemu Telepon Genggam Pertama Kali.

Jika Kamu Bertanya Siapa Penemu Telepon Genggam Jawabannya Adalah Martin Cooper


Martin Cooper Penemu Telepon Genggam - Teknologi telepon pertama kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada 1876. Nikolai Tesla menemukan teknologi komunikasi tanpa kabel melalui gelombang radio pada 1880 dan dipublikasikan oleh Marconi melalui penemuan radio. Kedua teknologi ini dipadukan oleh Martin Cooper yang akhirnya menemukan telepon genggam.

Martin Cooper adalah project manajer di Motorolla. Kala itu, Motorolla adalah pesaing dari AT & T, sebuah perusahaan telepon terbesar di Amerika. Kedua perusahaan jasa telekomunikasi ini berebut hak cipta telepon radio untuk mobil ( car phone ).

Dasar teknologi Hp telah ditemukan pada 1947 oleh Bell Labs di AT & T. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk bertukar sinyal dari base station kepada user saat berpindah ( bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain ). Telepon bergerak seberat 13 Kg ini untuk pertama kalinya dipasang di mobil. Tertarik dengan teknologi Bell Labs, pendiri Motorolla, Paul Galvin membentuk tim dan melakukan penelitian dengan biata $ 13 Juta per tahun.

Pada 3 April 1972, Cooper menelepon Joe Engel, orang yang bertanggung jawab terhadap pengembangan radio mobil di perusahaan AT & T. Cooper menelepon Engel dengan menggunakan alat sebesar batu bata di jalanan Manhattan, Amerika Serikat. Kalimat pertama yang diucapkan Cooper adalah, "Joe, I'm Calling You From a'real' cellular telephone. A portable handheld telephone."

HP Cooper tersebut adalah Motorolla Dyna TA atau dikenal juga dengan sebutan "Hp Sepatu" karena bentuk dan beratnya. Itulah untuk pertama kalinya Hp dipergunakan orang. Berhasil dengan penemuan tersebut Cooper dan timnya mempatenkan penemuan "Radio Telephone System" yang diajukan pada 17 Oktober 1973 dengan nomor paten 3906166 dan disetujui pada September 1975.

"Hp Sepatu" menjadi produk pertama Cooper setelah mengalami serangkaian kesulitan dalam pembuatannya. Kesulitan terbesar yang dialami oleh Cooper adalah memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil. Namun kesulitan tersebut akhirnya bisa terpecahkan setelah Cooper menghasilkan produk pertama Hp Motorolla Dyna TAC sebera 1 Kg dengan kemampuan 35 menit waktu bicara. Komersialisasi produk Hp ini dilakukan oleh Motorolla pada tahun 1983 dengan menjual seharga $ 4.000 / Unit, setelah mengurangi beratnya menjadi setengah kilogram.

Tantangan selanjutnya yang harus di hadapi Cooper adalah mengadaptasi infrastruktur yang mendukung sistem komunikasi Hp. Sistem tersebut membutuhkan setidaknya jaringan yang membutuhkan 3 MHz spektrum, atau setara dengan Lima chanel TV yang tersalur ke seluruh dunia. Namun, sekali lagi tantangan tersebut berhasil dilampaui oleh Martin Cooper yang berujung dengan menjamurnya teknologi Hp ke seluruh dunia. Teknologi Hp ini dikenal dengan teknologi 1 G ( G=Generation ).

Martin Cooper lahir di Chicago Illinois, Amerika Serikat pada 26 Desember 1928. Pria keturunan Ukraina ( kedua orang tuanya imigran dari Ukraina ) ini mendapatkan gelar sarjana di bidang Electrical Engineering pada 1950.

Cooper pernah tergabung dengan Reserve Officers Training Corps Angkatan Laut Amerika Serikat selama Perang Korea. Dia bertugas di kapal perusak dan kapal selam angkatan Laut As yang bermarkas di Hawaii.

Setelah perang usai, Cooper meninggalkan angkatan laut dan mulai bekerja di Teletype, Anak perusahaan Western Electric. Pada 1954. Cooper pindah ke Motorolla sambil meneruskan pendidikannya. Tiga tahun kemudian Cooper menerima gelar Magister dalam bidang rekayasa elektronika dari Illinois Institute of Technology.

Bagi Martin Cooper, Teknologi nirkabel adalah sebuah kebebasan, sebagaimana di ungkapkannya : "Wireless is freedom. It's about being unleashed from the telephone cord and having the ability to be virtually anywhere when you want to te, That freedom is what cellular is all about".

Berkat penemuan alat komunikasi berupa HP ini, Cooper menerima berbagai penghargaan, antara lain Wharton Infosys Business Transformation Award untuk inovasi teknologi di bidang komunikasi ( 1995 ). Prince of Asturias, sebuah penghargaan bagi penelitian ilmiah dan penelitian teknis ( 2000 ). Pada 2001, Cooper bersama Steven Spielberg, Sergey Brin ( co-founder Google ), dan Bono ( penyanyi U2 ), menjadi nominator Mikhail Gorbachev Awards, sebuag penghargaan untuk mereka yang dinilai bisa mengubah dunia.

 

0 komentar