Cara Budidaya Ikan Cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang, sesuai janji Admin "asal ngblog aja " di postingan sebelumnya ya berjudul "My Koleksi Ikan Cupang " di sana saya berjanji untuk post mengenai Cara Budidaya Ikan Cupang. Nah, bagaimana sih Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Benar. banyak sekali Perkawinan Cupang yang salah karena si pemilik tidak tau bagaimana cara Mengawinkan Ikan Cupang ini. berikut step demi step Cara Budidaya Ikan Cupang akan saya share.

Cara Budidaya Ikan Cupang
Cara Budidaya Ikan Cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang

Sebelum Mengawinkan Ikan Cupang anda harus tau terlebih dahulu apakah Ikan Cupang tersebut sudah waktu nya untuk kawin atau belum, jangan pernah  mengawinkan ikan cupang yang belum siap kawin. karena jika Ikan Cupang yang belum siap kawin di kawinkan malah akan membuat Ikan Cupang bertarung sengit dan sampai mati bisa - bisa.

Ciri - Ciri Ikan Cupang Siap Kawin

Ciri - Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin
  • Siripnya yang agak berwarna sedikit memudar.
  • Perut agak gendut dan bawan terlihat lemas
  • Sering keluar putih - putih pada sekitar daerah perut atau kelamin Ikan Betina
  • Dan Tentunya sudah berumur lebih dari 4 bulan atau 5 bulan ( Jangan mengawinkan Ikan Cupang yang masih di bawah umur 4 bulan )
Ciri - Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin
  • Agresif lebih dari biasanya
  • Warna tubuh dan sirip lebih menyala atau lebih berwarna dari pada sebelumnya
  • Mengeluarkan Gelembung Banyak
  • Dan tentunya sudah berumur lebih dari 6 bulan atau 7 bulan ( jangan mengawinkan ikan cupang jantan yang masih berumur di bawah 6 bulan )
Cara Budidaya Ikan Cupang

Bagaimana Cara Mengawinkan Ikan Cupang !

Ketika anda sudah mendapatkan Indukan Cupang jantan dan betina sesuai keriteria di atas, masukkan jadi satu tetapi ikan cupang betina di kandang sendiri menggunakan wadah ikan cupang kecil. tapi dalam area yang menjadi satu oleh Ikan cupang jantan.
Contohnya : Ikan Cupang Jantan di masukkan dalam ember lalu masukkan ikan cupang betina menggunakan Wadah Kecil yang di masukkan ke dalam ember tempat Ikan Cupang Jantan tadi di masukkan. ( Biarkan Selama 1 hari ).
Setelah 1 hari berlalu jika jodoh maka Ikan Cupang Jantan akan membuat banyak busa yang menempel di dinding - dinding atas ember. jika sudah begitu jadikan satu tanpa penghalang seperti wadah Ikan cupang tersebut singkirkan dan jadikan satu ikan cupang jantan dan betina. agar lekas melakukan proses perkawinan.
Cara Budidaya Ikan Cupang




Perkawinan ini biasanya berlangsung selama 2 sampai 3 hari. Setelah itu baru Ikan Cupang Betina akan bertelur yang kemudian di engkrami atau di buahi oleh Induk Ikan Cupang Jantan. Proses penetasan telur cupang ini bisa memakan waktu 1 sampai 2 hari. setelah anak ikan cupang yang biasa di sebut burayak menetas. maka biarkan ikan cupang jantan menjaganya sampai burayak berumur 5 atau 7 hari. jangan lupa beri makan Induk Ikan Cupang Jantan setiap hari. karena kalau sampai lupa bisa - bisa Ikan Cupang Jantan malah memakan anaknya sendiri. oh iya lupa "Jika Ikan cupang betina sudah selesai mengeluarkan telur cupang lebih baik segera pisahkan ikan cupang betina kewadah sendiri. karena jika tidak di pindah maka ikan cupang betina akan memakan telurnya sendiri.


Cara Budidaya Ikan Cupang

Nah, kurang lebihnya begitulah mengenai Cara Budidaya Ikan Cupang ini. hal ini sudah pernah saya praktekan dan tentunya share ini adalah pengalaman pribadi saya sobat "asal ngblog aja" nah, semoga anda berhasil juga seperti saya. jika anda ingin mencoba Menbudidayakan Ikan Cupang.

Di tunggu juga ya koment dan sharenya sobat :)

0 komentar